Cegah Pertikaian Meluas: 1 SST Personel Kodim Loteng Bubarkan Konsentrasi Masa Di Jln. Bypass Bandara – Mandalika

0
92
views

Lombok Tengah – Dalam upaya untuk mencegah pertikaian yang dapat berpotensi meluas, 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) personel Kodim 1620/ Loteng bersama Polres dan sat Brimob Loteng bubarkan konsentrasi massa yang terjadi di Jln Bypass Bandara – Mandalika Desa Ketare, kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Kejadian tersebut bermula dari adanya kesalah pahaman antara warga Desa ketare dan Desa Segala Anyar yang terprovokasi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab sehingga memicu terjadinya keributan besar yang menimbulkan korban jiwa pada beberapa bulan yang lalu.

Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara bersama Danramil 02/Pujut Kapten Inf Afifudin Nur dengan sigap, 1 SST personel diterjunkan langsung turun ke lokasi bersama Polres Loteng untuk melakukan pengamanan terhadap konsentrasi masa yang membawa Sajam berbagai jenis untuk melakukan penyerangan ke warga Desa Segala Anyar.

“Sebelum itu terjadi tindakan preventif kami ambil dengan melakukan komunikasi bersama tokoh masyarakat di tengah tengah konsentrasi masa guna menghindari eskalasi konflik yang dapat mengganggu ketertiban umum,” ujarnya.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan tersebut merupakan tindakan pencegahan dini dan menyentuh, sehingga konsentrasi masa yang akan melakukan tindakan penyerangan dapat ditangani tanpa menggunakan kekerasan yang dapat memicu konflik baru.

“Kami turun ke lapangan bersama personel Polres Loteng untuk memastikan situasi tetap terkendali dan tidak berujung pada bentrokan yang merugikan semua pihak,” ungkapnya.

Tidak hanya melakukan pembubaran massa, personel Kodim 1620/Loteng juga melakukan pendekatan persuasif untuk mengajak seluruh masyarakat yang membawa berbagai macam sajam untuk membubarkan diri dengan tertib. Langkah-langkah tersebut berhasil dilakukan tanpa adanya kekerasan dan konflik yang berarti.

Selain itu, pihak Kodim 1620/Loteng juga melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian setempat untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pembubaran massa tersebut berlangsung.

Situasi di Jln Bypass Bandara – Mandalika Desa Ketare telah kembali kondusif dan lalu lintas pun berjalan dengan lancar. Selain itu Kodim 1620/ Loteng bersama Polres Loteng terus menghimbau kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi beberapa bulan yang lalu secara damai dan menghindari tindakan yang dapat mengganggu ketertiban umum dan melanggar hukum.

“Dengan langkah preventif yang diambil oleh Kodim 1620/Loteng, diharapkan kejadian serupa dapat dicegah di masa yang akan datang, dan situasi keamanan dan ketertiban di Desa Ketare maupun Segala Anyar tetap terjaga dengan baik,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here