Babinsa Selong Belanak Ajak Warga Tanam Jagung Sebagai Pangan Alternatif

0
139
views

Lombok Tengah – Untuk mendukung ketahanan pangan wilayah, Babinsa Selong belanak Serda Lalu Wiredagde menghimbau dan mengajak masyarakat tanam dan panen jagung sekala besar sebagai pangan alternatif di dusun serangan desa Selong belanak Lombok Tengah NTB.

“Karena jagung merupakan salah satu sumber pangan potensial yang dapat dikembangkan dalam diversifikasi pangan untuk mendukung ketahanan pangan lokal maupun nasional,” ujar Wiredagde di lokasi panen jagung Desa Selong belanak, Rabu (22/2/2023).

Selain untuk mendukung ketahanan pangan nasional, jagung juga bisa di manfaatkan sebagai bahan pangan lokal karena penanamannya sangat mudah dan benihnyapun gampang di dapat.

Menurutnya, Tanaman jagung juga merupakan salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan dan sesuai dengan kondisi ekologi dan iklim di Indonesia terlebih di Desa Selong belanak khususnya.

“Sehingga pemilihan jagung sebagai salah satu alternatif sumber pangan selain padi penghasil karbohidrat di wilayah Selong Belanak tepat adanya,” kata Lalu Wire.

Karena untuk meningkatkan nilai ekonomi di desa Selong belanak melalui jagung tidak lah sulit, hanya saja saat ini diperlukan pengelolaan pasca-panen yang tepat untuk mempertahankan eksistensi jagung di pasaran baik dalam bentuk olahan produk, packaging dan sebagainya,” Tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here